Welcome to fashionmodelku.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
10 Tips Mencuci Dan Merawat Mukena Agar Tidak Cepat Berjamur | Fashion Modelku

10 Tips Mencuci Dan Merawat Mukena Agar Tidak Cepat Berjamur

Tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur – Mukena yang putih dan bersih merupakan impian bagi setiap wanita. Namun jika sering digunakan dan umurnya sudah lama, mukena rentan untuk berjamur dan ditandai dengan bintik-bintik hitam di mukena tersebut. Cara penggunaan dan perawatan mukena yang salah bisa menyebabkan mukena menjadi tidak cantik lagi. Jika sudah berjamur untuk menghilangkannya lumayan sulit. Selain itu jika sudah berjamur mukena menjadi tidak nyaman dipandang dan dipakai. Untuk bisa menghadap kepada Allah SWT sangat disarankan untuk menggunakan mukena yang bersih dan pakaian yang bersih, oleh sebab itu jagalah mukena Anda dari serangan jamur. Agar bersih dan terawat dengan baik, simak tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur berikut ini:

Hindari Menggunakan Mukena dengan Rambut Basah

rambut basah dan mukena

rambut basah dan mukena

Salah satu bagian mukena yang mudah berjamur adalah bagian kepala dalam, hal itu dikarenakan sehabis keramas dan kondisi rambut belum kering wanita menggunakan mukena tersebut. Alhasil mukena pun ikut basah karena rambut yang basah tersebut. Jika tidak segera dikeringkan, mukena tersebut akan mudah berjamur. Oleh sebab itu keringkan lah rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan mukena.

Cuci Menggunakan Air Dingin

cuci dengan air dingin

cuci dengan air dingin

Salah satu bahan mukena yang sering dipilih wanita adalah katun. Hal itu dikarenakan katun tidak panas digunakan sehingga jika digunakan untuk sholat dalam waktu yang lama tidak menimbulkan keringat yang berlebihan. Misalnya saja mukena katun digunakan untuk sholat tarawih lebih nyaman dibandingkan dengan mukena dari bahan sifon atau parasut. Mukena dari bahan katun ini lebih sering jamuran dibandingkan dengan mukena yang lainnya, sehingga perawatannya harus ekstra. Tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur khususnya dari bahan katun adalah mencucinya menggunakan air dingin. Ketika mencucinya pun harus segera dikeringkan, lebih disarankan untuk mencucinya menggunakan mesin cuci yang sudah ada pengering otomatisnya.

Gunakan Pelicin Pakaian

gunakan pelicin pakaian

gunakan pelicin pakaian

Mukena dari bahan katun mudah sekali kusut, terlebih lagi jika tidak disetrika mukena tersebut akan terlihat sekali kusutnya. Oleh sebab itu untuk bisa membuat mukena katun lebih rapi bisa dengan cara menyetrikanya. Ketika menyetrika ini harus menggunakan pelicin pakaian agar mukena mudah rapi dan mudah disetrika. Untuk menghindari kusut pada mukena katun juga bisa dengan cara mengibaskannya sebelum dijemur sehingga tidak ada bagian mukena yang saling menempel satu sama lain.

Simpan di Tempat Terlindung dari Matahari

lemari mukena

lemari mukena

Tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur selanjutnya adalah dengan penyimpanan yang tepat. Jika tempat penyimpanannya salah akibatnya mukena bisa mudah berjamur. Tempat penyimpanan mukena katun yang benar adalah di dalam almari  yang tertutup sehingga cahaya matahari tidak masuk ke dalam almari tersebut.

Hindari Menunda Mencuci dan Menjemur Mukena

menunda untuk mencuci

menunda untuk mencuci

Salah satu tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur adalah dengan menghindari menunda mencuci mukena yang sudah dalam kondisi basah. Mukena yang lembap bisa memicu pertumbuhan jamur sehingga jika memang ingin dicuci segeralah mencuci mukena tersebut, atau jika tidak ingin segera mencucinya rendamlah mukena tersebut terlebih dahulu dan pastikan semua bagian mukena sudah tercelup semua. Setelah dicuci bersih, mukena dalam kondisi yang lembap segeralah dijemur jangan menunggu nanti-nanti. Hal itu dikarenakan mukena yang tidak segera dijemur kondisinya lembap dan bisa menyebabkan pertumbuhan jamur.

Gantung dengan Hanger

gantung dnegan hanger

gantung dnegan hanger

Tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur adalah dengan cara menggatungnya di almari pakaian menggunakan hanger dan hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Khusus untuk mukena dari bahan sutra agar tidak mudah jamuran dan kusut gantunglah dengan hanger agar tidak bertumpuk dengan pakaian lainnya. Tidak menggantung mukena dengan bahan sutera bisa menyebabkan mukena tersebut berjamur sebab tercampur dengan bahan pakaian yang lainnya.

Cuci dengan Sabun Bayi

mencuci dengan sabun bayi

mencuci dengan sabun bayi

Cara mencuci mukena agar tidak berjamur adalah dengan mencucinya menggunakan sabun bayi. Sabun bayi ini sangat lembut sehingga tidak akan mengubah serat kain sutera menjadi kasar. Jangan menyikatnya atau menggosoknya cukup dengan merendamnya menggunakan larutan sabun bayi selama 30 menit kemudian membilasnya menggunakan air dingin. Untuk menjemurnya cukup di angin-anginkan  saja dan hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Jika nantinya ketika dijemur langsung berpapasan dengan matahari, serat dari kain sutera tersebut akan terbakar dan memberikan cap kehitaman. Anda bisa menjemur mukena tersebut di dalam ruangan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Mukena Parasut

Untuk bisa merawat mukena dengan benar harus disesuaikan dengan jenis mukenanya, perawatan mukena katun berbeda dengan mukena parasut atau sutera. Untuk bisa menghindarkan mukena parasut ini dari jamur adalah jangan menyimpannya di tempat lembap. Semua jenis mukena akan mudah sekali berjamur jika tempat penyimpanannya salah. Banyak yang menggunakan mukena parasut dikarenakan teksturnya yang ringan dan tidak berat ketika digunakan.

mukena parasut

mukena parasut

Saat bepergian pun banyak wanita yang memilih untuk menggunakannya dikarenakan tidak akan membuat tas menjadi berat. Cara perawatan mukena parasut ini pun mudah sekali yaitu mencucinya menggunakan mesin cuci tanpa pemutih pakaian, keringkanlah menggunakan mesin cuci. Mukena parasut tidak perlu disetrika sebab tidak akan mudah kusut jika disetrika dengan suhu yang panas bisa menyebabkan mukena parasut justru menjadi berlubang dan hangus.

Hindari Menggunakan Pemutih Berlebihan

dilarang menggunakan pemutih

dilarang menggunakan pemutih

Cara mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur adalah dengan meminimalkan penggunaan pemutih yang berlebihan. Penggunaan pemutih yang berlebihan ini justru tidak bagus untuk serat kain. Memang pemutih bisa digunakan untuk menyamarkan noda jamur pada pakaian namun jika digunakan terus menerus justru serat kain lah yang akan rusak. Warna pada pakaian pun menjadi tidak seindah dan seterang dulu lagi. Anda bisa menghilangkan noda jamur pada mukena dengan cara alami lainnya yang tidak akan merusak serat kain.

Hindari Menggosok Mukena Berlebihan

Memang untuk noda yang membandel seperti jamur tidak bisa digosok pakai tangan saja, namun untuk menghilangkannya dibutuhkan tindakan menyikatnya. Sayangnya tidak semua mukena ini bisa disikat khususnya mukena dengan bahan sutera dan parasut, sekali disikat serat kain akan menjadi kasar bahkan bisa menjadi robek. Anda bisa mencari cara menghilangkan noda jamur pada mukena dengan cara yang alami.

jangan digosok dengan keras

 

Merawat mukena memang dibutuhkan ketelatenan, jika mukena bersih akan ada perasaan tenang dan tenteram ketika memakai mukena tersebut untuk beribadah kepada Allah SWT. Jika sudah berjamur untuk menghilangkan jamur tersebut membutuhkan ketekunan dan keuletan sehingga tidak bisa dihilangkan dengan cara yang instan. Mencegah mukena berjamur ini lebih baik dibandingkan menghilangkannya. Lakukan tips mencuci dan merawat mukena agar tidak cepat berjamur yang telah disebutkan diatas supaya terhindar dari jamur dan mukena tetap terawat dengan baik.

Artikel Fashion Model ini dikenal, sbb :

cara mencuci mukena yang ada jamurnya -cara merawat mukena agar tidak menimbulkan bintik hitam -cara mudah merawat mukenah agar tidak jamuran -tips supaya mukena tidak berjamur -

Content Protection by DMCA.com