9 Tips Hemat Berbelanja Baju Lebaran Untuk Keluarga

Tips hemat berbelanja baju lebaran untuk keluarga – Lebaran merupakan momen spesial yang dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh negara termasuk Indonesia. Setelah sebulan lamanya berpuasa, menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu, lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk merayakan hari kemenangan. Agar lebaran menjadi bermakna dan benar-benar menjadi hari kemenangan, ketika berpuasa ramadhan harus dijalani dengan sebaik-baiknya dan usahakan lebih baik dibandingkan dengan ramadhan tahun lalu.

Tradisi yang sering dilakukan oleh umat islam adalah berbelanja baju lebaran. Tidak hanya baju baru saja, namun sandal, mukena dan tas pun banyak yang baru. Padahal ketika lebaran tidak boleh menghambur-hamburkan uang secara berlebihan, sebab yang namanya berlebih-lebihan tentu tidak bagus dan dilarang oleh islam. Agar tidak menghamburkan uang terlalu berlebihan, simak tips hemat berbelanja baju lebaran untuk keluarga berikut ini:

Menyiapkan Tabungan

Berbelanja dan berwisata kini menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia, dikarenakan setiap manusia membutuhkannya. Meski tidak harus setiap hari namun orang yang suka berbelanja dan berwisata meski hanya satu bulan sekali lebih bahagia dan terhindar dari depresi dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berbelanja dan berwisata sama sekali.

menyiapkan tabungan

menyiapkan tabungan

Oleh sebab itu alangkah baiknya jika menyisihkan pendapatan dan membuat tabungan khusus untuk berbelanja dan berwisata. Dengan demikian Anda bisa berbelanja dan juga berwisata tanpa harus menggunakan uang kebutuhan pokok keluarga. Lebaran cuma satu tahun sekali, Anda memiliki banyak waktu untuk menabung khusus lebaran. Menyisihkan pendapatan sekitar 5% dan secara rutin cukup untuk digunakan berbelanja pakaian ketika lebaran.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setelah menabung, tips hemat berbelanja baju lebaran untuk keluarga selanjutnya adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Buatlah daftar baju lebaran yang akan dibeli dan sesuaikanlah dengan anggaran yang dimiliki dan siapa saja yang akan membeli baju baru.

sesuaikan kebutuhan

sesuaikan kebutuhan

Jika memang anggarannya tidak mencukupi belilah baju yang penting saja misalnya bagi cewek membeli atasan muslim yang sopan dan cowok bisa membeli baju koko. Namun jika sudah berkeluarga setiap orang tua pasti mementingkan kebutuhan anaknya. Ketika anggaran tidak cukup banyak orang tua yang mementingkan membeli baju lebaran khusus untuk anak-anaknya sedangkan orang tuanya belakangan. Jika ada sisa anggaran bisa dibelikan baju baru untuk dirinya sendiri sedangkan jika tidak ada ya tidak apa-apa.

Beli Sebelum Ramadhan

belilah sebelum ramadhan

belilah sebelum ramadhan

Tips hemat berbelanja baju lebaran untuk keluarga selanjutnya adalah membeli jauh-jauh hari sebelum ramadhan. Hal ini dikhususkan untuk orang yang memiliki cukup tabungan untuk berbelanja. Membeli baju sebelum ramadhan ini akan menguntungkan bagi Anda dimana tidak akan membuat berdesak-desakan hanya untuk membeli baju, harga lebih stabil dan modelnya lebih beragam. Ketika mendekati lebaran, harga baju akan lebih mahal dibandingkan sebelum ramadhan selain itu baju  dengan model yang bagus akan ludes terjual sehingga sistemnya siapa cepat dia dapat. Untuk menghindari itu semua alangkah baiknya jika Anda membelinya sebelum ramadhan.

Hindari Diskon Palsu

Ketika mendekati lebaran banyak mall atau toko yang menawarkan harga lebih murah. Tidak tanggung-tanggung diskon yang diberikan bisa mencapai 70%. Namun benarkah jika mall dan toko tersebut memberikan diskon sebesar itu?, jadilah konsumen yang cerdas dan cermat.

diskon palsu

diskon palsu

Tidak mungkin ada diskon sebesar itu bahkan mendekati hari-hari besar seperti idul fitri. Biasanya penjual sudah menaikkan harga baju tersebut dua kali lipat dari harga normal sehingga harga setelah diskon adalah harga asli dari baju tersebut. Oleh sebab itu jangan tergiur diskon palsu. Langkah untuk menghindari diskon palsu tersebut adalah dengan membeli jauh-jauh hari sebelum ramadhan karena harga yang lebih murah dan harga yang terpasang di baju pun merupakan harga normal, bukan harga rekayasa.

Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Menawar Pakaian

menawar pakaian

menawar pakaian

Tips hemat berbelanja baju lebaran untuk keluarga adalah menawar pakaian. Tawar menawar ini hanya bisa terjadi di pasar dan toko pakaian biasa, sedangkan jika di mall harga sudah tetap sehingga tidak bisa ditawar lagi. Jika Anda tidak pandai untuk menawar ajaklah teman atau saudara yang pandai menawar. Dari menawar Anda akan mendapatkan harga yang murah. Meski begitu Anda juga harus tahu kualitas dari baju yang Anda beli, jangan asal mendapatkan harga murah saja. Ketika Anda menemukan baju dengan kualitas yang bagus barulah Anda bisa menawarnya.

Pusat Grosir

pusat-grosir-pakaian

pusat-grosir-pakaian

Untuk bisa mendapatkan harga yang murah tentu saja membelinya di pusat grosir. Harga di grosir lebih murah sebab mereka membeli dari tangan pertama dengan jumlah yang banyak sehingga harga yang diberikan pun harga grosir. Sehingga ketika dijual lagi ke konsumen harganya lebih murah dibandingkan dengan penjual yang membeli dari supplier dengan cara eceran. Carilah pusat grosir dengan harga paling miring, sebab ada toko yang mengaku-aku sebagai pusat grosir namun harga yang ditawarkan sama dengan toko yang lainnya.

Bawa Uang Secukupnya

bawa uang cukup

bawa uang cukup

Ketika akan berbelanja baju untuk lebaran sebaiknya membawa uang tunai secukupnya saja, semakin banyak membawa uang tunai semakin besar keinginan untuk membeli barang-barang yang lebih banyak misalnya rencana awal membeli baju lebaran, namun saat di tempat yang dituju keinginan menjadi lebih banyak misalnya saja ingin membeli sepatu, tas dan lain-lainnya. Bawalah uang tunai sesuai dengan anggaran dan berbelanjalah jangan melebihi dari anggaran.

Membeli di Pusat Konveksi

pusat konveksi

pusat konveksi

Ada beberapa toko pakaian yang memiliki konveksi sendiri sehingga semua baju yang dijual tersebut adalah hasil karya penjahit yang ada di konveksi tersebut. Untuk menghemat berbelanja baju ketika lebaran bisa dengan cara membeli di pusat konveksi. Konveksi adalah tangan pertama yang membuat fashion kemudian menjualnya sehingga harganya pun jauh lebih murah. Jika tidak cocok dengan model yang ada di sana Anda bisa membuat model baju sesuai dengan keinginan Anda di sana, sehingga harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli tangan kedua dan seterusnya.

Membeli di Teman

Tips hemat untuk berbelanja baju lebaran selanjutnya adalah bisa membeli pada teman yang membuka toko pakaian. Teman terlebih lagi teman dekat tidak akan mengecewakan dengan memberikan harga yang tinggi, teman akan selalu jujur pada kondisi barang dan harga jual dari baju tersebut. Selain bisa sebagai penglaris dagangan, membeli pada teman ini bisa mendapatkan harga yang bersahabat dibandingkan dengan toko lainnya. Meski begitu jangan terlalu sadis ketika menawar baju yang dijual teman sendiri sebab harus tetap menghargai harga jual yang sudah ditetapkan oleh teman Anda.

membeli di teman

membeli di teman

Idul Fitri tidak harus menggunakan baju yang baru, jika memang tidak ada anggaran untuk membeli baju baru Anda masih bisa menggunakan baju lama yang masih layak pakai. Idul Fitri bukanlah ajang fashion show untuk memamerkan barang-barang baru ke semua orang, namun Idul Fitri adalah hari kemenangan dan hari yang suci dimana manusia seperti dilahirkan kembali dalam keadaan yang putih bersih. Namun jika memang ingin membeli baju baru lakukan tips hemat berbelanja baju lebaran untuk keluarga seperti yang sudah dijelaskan agar tidak berlebihan ketika membelanjakan uang.

Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Fashion Model ini dikenal, sbb :

news -

Content Protection by DMCA.com